Manfaat Madu untuk Kesehatan

Suplemen penambah energi
Madu adalah salah satu sumber karbohidrat yang menyediakan banyak energi dan telah dikenal sebagai suplemen yang dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan saat beraktifitas berat maupun berolahraga.Untuk mendapatkan manfaat madu sebagai suplemen energi anda dapat mengikuti saran berikut:

1. Konsumsi madu sebelum berolahraga atau bekerja berat supaya tidak mudah lemas

2. Jika pagi-pagi sudah merasa lesu, campurkan madu kedalam susu atau teh sebagai pengganti gula. Atau sesekali oleskan madu di roti sebagai ganti selai.

3. jika anak-anak sulit untuk mengatasi tekanan fisik disekolah maupun di kegiatan ekstra kulikuler, menambahkan madu dalam roti atau minuman mereka dapat memberikan efek positif untuk mejalani aktifitas sepanjang hari. Cobalah menambahkan madu pada roti, ditambah mentega, dan telur/ham. Anak-anak sering menyukai minuman yang diberi pemanis madu meskipun mereka tidak memperdulikan manfaat kesehatan yang terkandung dalam madu.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Madu dapat berperan sebagai antioksidan dan anti bakteri dan dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan membantu Anda tetap sehat dan melawan penyakit.

Madu sebagai Anti-Kanker
Madu tidak menyembuhkan kanker tetapi madu memiliki manfaat anti karsinogen dan anti-tumor untuk pencegahan.

Mempercepat penyembuhan luka
Selama ribuan tahun, madu telah dikenal sebagai salah satu pengobatan rumahan yang paling alami untuk mengobati berbagai macam penyakit dan keluhan termasuk infeksi jamur, kutu, dan nyeri artritis. Sifat antiseptiknya menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan membantu menjaga luka karena tersayat dan lukan bakar agar terhindar dari bakteri. Madu telah digunakan sebagai obat alami dalam pengobatan pertolongan pertama untuk luka bakar dan luka karena mampu menyerap kelembaban dari udara dan mempromosikan penyembuhan. Sifat anti bakterinya mencegah infeksi dan berfungsi sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, dan bahkan jaringan parut.

Sumber Vitamin dan Mineral
Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineral dan kuantitas mereka tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah. Umumnya, madu mengandung Vitamin C, Kalsium dan Besi.

Sumber Antioksidan
Madu mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Sehingga dapat meninimalisir pengaruh buruk radikal bebas. Kandungan antioksidan ini juga sering disebut-sebut memberikan manfaat kecantikan dan kesehatan kulit.

Manfaat madu untuk membantu pengobatan sulit tidur (insomnia)
Ambil segelas susu hangat dengan satu sendok teh madu untuk menenangkan jiwa dan menginduksi tidur.

Perawatan Kulit dengan Susu dan Madu
Susu dan madu sering disajikan bersama-sama karena dipercaya dapat membuat kulit lebih halus. Oleh karena mengkonsumsi susu dan madu setiap hari di pagi hari adalah praktek umum di banyak negara.

Manfaat madu untuk sakit tenggorokan
Salah satu manfaat kesehatan yang lebih baik diketahui dari madu adalah bahwa hal itu dapat membantu mengobati sakit tenggorokan. Berkat sifat antimikroba, madu tidak hanya menenangkan tenggorokan tetapi juga dapat membunuh bakteri tertentu yang menyebabkan infeksi. Penyanyi profesional biasanya menggunakan madu untuk menenangkan tenggorokan mereka sebelum pertunjukan. Orang China percaya bahwa kelebihan “heatiness” dalam tubuh menyebabkan sakit tenggorokan dan minuman yang mengandung madu dapat membantu.
saran: Ambil sesendok madu untuk menenangkan peradangan atau kumur dengan campuran dua sendok makan madu, empat sendok makan jus lemon dan sedikit garam. Atau minum saja madu dengan segelas air hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s